Tips Membuka Usaha Kuliner dan Strateginya

Daftar isi [Tampil]
Walaupun dunia kuliner selalu ada dan tidak pernah berakhir namun bisnis kuliner merupakan bisnis yang paling rawan mengalami gulung tikar. Karena itu seseorang yang berencana atau telah menjalankan bisnis kuliner harus memiliki tips membuka usaha kuliner yang unik dan matang. Sehingga usaha kuliner yang dijalankan mampu untuk terus bertahan dan tidak bangkrut. Ketika menjalankan usaha kuliner, seharusnya seseorang dapat memperoleh keuntungan atau setidaknya kembali modal kurang dari satu tahun. Hal ini dikarenakan jika berjalan dengan baik, bisnis kuliner adalah bisnis yang cepat dan mudah untuk mendapatkan keuntungan secara cepat tapi juga cepat tutup jika tidak melakukan inovasi.

Peluang Usaha Kuliner

Peluang usaha kuliner dan sejenisnya banyak menjadi pilihan sebagai sebuah usaha. Kelihatannya mudah karena hanya seperti aktivitas memasak dengan konsumen yang selalu ada apalagi jika berada di lokasi strategis seperti tempat wisata, lingkungan perusahaan, atau kost. Namun sebenarnya memulai usaha kuliner tidak semudah kelihatannya. Karena kita harus memiliki strategi dan beberapa pengetahuan supaya bisnis kuliner yang akan kita jalankan nanti tidak berakhir dengan kebangkrutan.

Berikut ini ada 10 tips membuka usaha kuliner dan strateginya yang dapat anda pelajari.

tips membuka usaha kuliner

Kemampuan Memilih Jenis Makanan

Karena usaha kuliner merupakan usaha yang menjual produk makanan maka pilihlah jenis makanan yang diketahui dan dikuasai resepnya juga bagaimana cara membuatnya. Pelajari dan coba membuatnya mulai dari yang mudah hingga yang sulit. Misalnya, kalau anda berencana membuka usaha kuliner khas Jogja yang terkenal dengan Gudeg nya maka pelajari dan buatlah gudeg yang lengkap dan bercitarasa khas Yogyakarta.

Lakukan Riset

Lokasi usaha dan kompetitor menjadi hal yang perlu diteliti untuk mengukur potensi bisnis kuliner. Sebelum membuka usaha kuliner sangat penting untuk melakukan riset terlebih dahulu di beberapa lokasi yang merupakan salah satu tahap sakral sebelum memulai usaha. Lakukan survey mengenai jenis makanan apa saja yang belum ada di sekitar lokasi akan membuka usaha kuliner tersebut dan ukurlah jumlah persaingan yang telah ada. Lihat kira-kira jenis makanan seperti apa yang laku dan ramai di tempat tersebut atau yang diminati. Tidak ada salahnya berkunjung ke beberapa warga untuk sekedar ngobrol tentang rencana anda tersebut. Siapa tahu anda akan memiliki informasi yang berguna untuk membuat produk dan strategy pemasaran nantinya.

Sediakan Menu Yang Berbeda

Kalau di lokasi anda membuka usaha kuliner tersebut terdapat banyak pesaing cobalah menciptakan beberapa inovasi menu warung makan anda. Misal kalau warung pesaing anda menyediakan Ayam Bakar, maka usahakan anda menciptakan menu yang berbeda. Atau modifikasi menu yang sama tersebut dengan nama yang berbeda seperti Ayam Bakar Ketawa. Sesuatu yang unik tersebut akan membuat orang menjadi penasaran untuk mencobanya.

Kumpulkan Harga Jual Kompetitor Lain

Ketika membuka usaha kuliner tampilah dengan harga yang sedikit menarik untuk pelanggan dengan memberikan kualitas baik juga. Karena kesan pertama akan sangat diingat oleh pelanggan dan akan diceritakan kepada rekan atau keluarga mereka. Perlu diingat bahwa usaha kuliner sangat cepat tersebar melalui berita mulut ke mulut melalui testimoni dan pengalaman para pembeli yang pernah mencoba menu masakan anda. Jadi memberikan kesan pertama yang baik pada pelanggan merupakan tips membuka usaha kuliner yang sangat penting untuk dilakukan.

Bersikap Ramah Kepada Pengunjung

Bersikap ramah terhadap semua pengunjung adalah sesuatu yang wajib karena akan menjadikan orang merasa betah dan akan kembali ke warung kuliner anda. Ketika anda merekrut karyawan untuk usaha kuliner anda, pastikan anda memilih karyawan yang dapat bersikap ramah kepada semua pelanggan.

Perhatikan Selera Pelanggan

Setiap pelanggan memiliki selera yang berbeda, jadi ketika anda menyiapkan makanan selalu perhatikan pesanan dari pembeli sesuai ketika memesan dari daftar menu, misalnya ada yang pesan menu jangan terlalu pedas atau jangan terlalu manis.

Menjaga Kebersihan

Apalagi bisnis anda merupakan sebuah usaha kuliner maka faktor kebersihan menjadi sebuah daya tarik bagi pelanggan. Hal ini akan membuat pelanggan merasa nyaman ketika sedang menyantap menu yang anda sediakan jika tempat usaha anda bersih dari sesuatu yang kotor seperti sampah atau lalat.

Melakukan Peningkatan

Ketika anda sudah memiliki pelanggan yang semakin banyak bahkan pelanggan tetap maka usahakan meningkatkan volume layanan anda seperti dengan menambah jumlah karyawan atau dengan memperluas lokasi usaha kuliner anda untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumen.

Jam Buka dan Tutup yang Pasti

Jam Operasional yang tetap dan pasti akan lebih memudahkan pelanggan untuk berkunjung sehingga secara tidak langsung dapat menambah jumlah pelanggan tetap karena jam buka dan jam tutup usaha kuliner anda yang pasti dan tidak membingungkan pelanggan.
Buatlah Promosi
Dalam usaha apapun promosi adalah point yang sangat penting. Karena walaupun kualitas pelayanan dan produk kita berkualitas tapi kalau tidak melakukan promosi maka tidak akan ada orang yang tahu tentang usaha anda. Promosi menjadi sebuah kekuatan yang sanga penting apalagi sekarang promosi dapat dilakukan secara murah dan mudah. Dapat melalui social media seperti facebook, broadcast pada blackberry dan melalui website /blog. Akan lebih baik jika anda memiliki group atau fans page sehingga dapat selalu berinteraksi dengan pelanggan anda dan melakukan promosi.
Pelajari dan amati setiap geliat usaha kuliner dimanapun dan jadikan ide untuk meningkatkan kualitas layanan serta melakukan inovasi. Semua tips membuka usaha kuliner dan strateginya diatas hanya sebagian dari banyak tips yang dapat anda ketahui ketika usaha kuliner anda telah berjalan nantinya.

Posting Komentar

0 Komentar

Follow by Email

Get all latest content delivered straight to your inbox.