Bijaksana Di Masa Muda Bahagia Di Masa Tua

Daftar isi [Tampil]
Setiap manusia memang hanya akan mengalami masa mudanya sekali saja sampai-sampai banyak yang bilang harus dinikmati. Bagi yang bijaksana tentu akan menikmati masa muda tidak berarti harus dengan sesuka hati yang pada akhirnya menyesal suatu saat. Dan orang yang bijaksana akan menyadari bahwa karena hanya akan mengalami masa muda hanya sekali saja maka menciptakan fase yang berkesan pada kehidupannya. Dengan begitu apabila bijaksana di masa muda maka penyesalan di masa tua nantinya tidak akan dia alami. Berikut di bawah beberapa hal yang sering dilakukan seseorang di masa muda dimana dapat mempengaruhi kehidupan masa tuanya nanti.

Bijaksana di masa muda untuk kebahagian di masa tua

bijaksana di masa muda

1. Hindari bersenang-senang berlebihan

Umumnya ketika seorang pemuda apalagi seorang fresh graduate memperoleh pekerjaan pertamanya maka sangat senang dengan gaji pertamanya. Walaupun telah mampu mendapatkan uang sendiri dalam jumlah banyak namun jika tidak pandai mengelolanya maka akan habis sebelum waktunya. Ada begitu banyak orang yang sukses dalam karir dan usahanya namun akhirnya tetap tidak memiliki apapun karena penggunaan uang yang tidak jelas. Terlebih bagi seorang bujangan yang memiliki pergaulan bersama teman-teman yang hobi besenang-senang.

2. Jangan terlalu larut dalam bekerja

Bekerja keras dan sungguh-sungguh itu sangat baik, namun tidak kemudian menjadikan anda terus-menerus sibuk bekerja tanpa menyediakan sedikit celah untuk memanjakan diri sendiri. Banyak sekali para orang tua yang menyimpan penyesalan karena sepanjang masa mudanya terlalu sibuk bekerja tanpa pernah sedikitpun menyisakan waktu luang menghibur dan merawat diri. Gunakan waktu libur dan senggang sebaik-baiknya untuk hobi atau kegiatan yang disukai. Lakukan apapun hobi anda yang positif karena itu sangat anda butuhkan. Ini merupakan cara bagi anda memberikan penghargaan pada jerih payah anda selama ini untuk diri anda sendiri. Namun seperti disampaikan pada point pertama di atas, tetap ingat untuk tidak berlebihan.

3. Jaga kesehatan dengan pola hidup sehat

Memang pada umumnya seseorang cenderung lebih sehat dan kuat ketika berusia muda, namun bukan berarti kesehatan tersebut harus diabaikan. Pola hidup yang tidak sehat ketika masih muda akan menentukan kualitas kesehatan seseorang ketika sudah tua. Inilah yang kemudian menjadikan banyak orang yang sakit parah di masa tua karena tidak menjaga kesehatannya ketika masih muda. Tentu kita semua sudah tahu pola hidup sehat seperti apa yang dapat dilakukan serta apa saja yang harus dihindari. Jika dari tempat kerja anda tidak menyediakan asuransi kesehatan, maka ada baiknya menyisihkan sebagian pendapatan untuk asuransi kesehatan supaya tidak perlu menguras tabungan ketika sakit. Karena kesehatan merupakan sebuah aset penting bagi masa tua nantinya maka menjaga kesehatan merupakan langkah bijaksana di masa muda.

4. Mulailah berinvestasi dan menabung

Ada banyak orang yang memasuki masa pensiun tanpa memiliki bekal yang cukup untuk kehidupan hari tuanya. Salah satu penyebabnya adalah karena tidak memprioritaskan untuk menabung dan berinvestasi saat mudanya. Padahal Investasi serta tabungan merupakan salah satu pondasi penting bagi seseorang ketika menjalani masa tuanya. Apapun bentuknya baik itu rumah, kendaraan, biaya kesehatan, pendidikan anak, atau kebutuhan lainnya.
Jadi menjadi bijaksana di masa muda sangat perlu kita lakukan walaupun saat ini kita masih sehat dan berkecukupan. Karena bagaimanapun kehidupan kita saat ini, suatu saat nanti masa tua akan tetap menghampiri kita. Jika anda terbiasa bijaksana di masa muda maka ketika melakukan perencanaan keuangan bagi keluarga baru  tidak akan mengalami kesulitan.

Posting Komentar

0 Komentar

Follow by Email

Get all latest content delivered straight to your inbox.